[windows] Cara Membagi/membuat Partition/Local Disk/shrink volume

[windows] Cara Membagi/membuat Partition/Local Disk/shrink volume - Assalamualaikum... Wr Wb,,, Sudah lama tidak berjumpa :v, oke karena saya belum buat artikel akhir akhir ini maka saya akan membuatnya sekarang :v. ada yang mau membagi partition/local disknya menjadi dua/tiga/empat seterusnya... ? oke karena sekarang saya akan memberitahu kan caranya. oke langsung saja :v dari pada lama lama ntar dingin artikelnya :v.

Sekarang Bosku :v buka Manage dengan cara klik kanan My Computer > klik Manage



Setelah itu akan muncul seperti berikut, dan klik disk management 

lihat yang di tandai, itu adalah partition yang ada, pilih yang lebih banyak kapasitanya. saya memilih yang S.R.C.C (E:) 396,23 GB NTFS

Klik kanan di partition nya, pilih shrink volume...

dan muncul seperti ini :

Ket :
1 = total kapasitas sebelum di shrink
2 = Total Kapasitas Partition yang Pertama.
3 = kapasitas partition yang mau bikin. dia tentukan dengan MegaByte MB
4 = total kapasitas setelah di shrink.

jika bosku :v ingin membuat kapasitas partitionnya 60 GB maka 1024 x 6061440 MB

jika sudah di tentukan kapasitas partition nya... klik shrink dan setelah di shrink akan muncul Unallocated seperti di bawah ini :

sekarang klik kanan di Unallocated > dan Klik New Simple Volume...




















Muncul Seperti ini dan klik Next >

setelah itu, muncul seperti ini lansung next saja

setelah itu akan muncul seperti ini, centak Assign the following dirver letter dan di sampingnya pilih dia dirver apa kalau ane punya driver (I:) setelah itu klik Next :

Disini Teman Pilih Format this volume with the following settings, pilih file system nya NTFS, dan Volume label nama dari partition yang sobat buat. dan klik next

dan selamat anda telah membuat satu partition baru :D partition yang saya buat udah jadi :D


Sekian Dari Tutorial Saya kali ini mungkin dari artikel di atas ada yang salah silahkan kritik dibawah :v wasalamu'alaikum... Wr Wb.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi dan pengertian tag table, td, th, dan tr di html

10 keluarga Windows, Unix, Mac Os

Contoh Algoritma 2 kondisi : Menentukan tuntas dan tidak tuntas