Belajar mengenal Algoritma

Assalamu’alaikum,,, kali ini kita akan belajar tentang algoritma, Sebenarnya artikel ini aku khusus kan buat kalian yang belum tau atau belum paham dengan Algoritma dan sebelumnya aku minta maaf karena jarang update di blog ini :v di karenakan sibuk yang nggak perlu :D hehehe. dan kebetulan mimin baru masuk kuliah B| (curhat), karena di kuliah mimin dapat ilmu yang banyak jadi kemungkinan update artikelnya seminggu sekali atau dua kali :D supaya ilmu yang mimin dapat bisa di tuangkan ke blog ini :D agar para fans mimin B| membacanya hehehe. Oke :D tanpa basa basih yuk kita belajar.


Menurut Mimin, “Algoritma adalah langkah langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara bertahap dan berurutan.”. Didalam suatu pembuatan program kita harus membuat algoritma, dimana algoritma itu membantu seorang programmer untuk memecahkan masalah dengan cepat, benar, dan rapih.

Disetiap pelajaran di sekolah atau kuliah khususnya untuk anak RPL dan jurusan IT lainnya, untuk memahami algoritma kita akan di berikan contoh kecil algoritma dari dosen/guru dalam bentuk matematika contoh seperti ini :

Algoritma menghitung luas persegi :
Mulai.
Tentukan nilai sisi
Hitung nilai luas = sisi * sisi
Selesai.

Gampangkan :D ? algoritma sendiri itu bukan cuman di gunakan di matematika dan pemograman saja, algoritma juga berguna untuk kehidupan sehari sehari, seperti bagaimana tahap tahap membuat mie goreng dari belum jadi sampai jadi, bagaimana membuat coffe, dll.

Ada beberapa cara untuk menulisakan algoritma yaitu dengan bahasa sehari hari, dengan Pseudocode, dan flowchart.

Membuat algoritma Dengan Bahasa sehari sehari lebih gampang kita memhaminya karena mengunakan bahasa sehari hari seperti bahasa inggris atau indonesia.

Membuat algoritma dengan pseudocode berarti kita membuatnya dengan bahasa yang mirip dengan bahasa pemograman.

Sedangkan flowchart membuat algoritma dengan gambar atau symbol symbol yang sudah di sepakati bersama, bentuknya seperti diagram yang tersambung.

Sampai disini ada yang di tanyakan ? jika ingin bertanya silahkan berkomentar di bawah. Sampai disini dulu artikel Wasalam.

Comments

  1. Bagus artikelnya, jngn lupa kunbal ya

    Http://tuaris.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Izin menjadikan sebuah referensi :) di blogKu ya~

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi dan pengertian tag table, td, th, dan tr di html

10 keluarga Windows, Unix, Mac Os

Contoh Algoritma 1 Kondisi : cara membuat Kopi