Apa Itu client and server, peer to peer ?

client-server
client and server

client and server - hallo sobat !! sekarang kembali lagi dengan saya mu'alif lihawa, sekarang saya akan share artikel yang berjudul client and server, oke sekarang apa itu client dan apa itu server ??

client adalah komputer yang memintah atau menerima layanan, sumber daya, file serta informasi dari komputer server, sedangkan server

server adalah komputer yang menyediakan atau meberikan layanan, sumber daya, file, serta informasi kepada komputer client

Keuntungan client and server :
  1. Mengurangi tanggung jawab dan biaya overhead
  2. Kontrol biaya operasional dan pengembangan yang lebih mudah
  3. Waktu respon yang lebih baik dalam pemrosesan.
  4. Akses data yang lebih besar bagi perusahaan. Sistem Client server mengamankan transaksi data dan menyimpannya pada server untuk kemudian dapat di sharing, dimanipulasi, dianalisa secara lokal.
  5. Memungkinkan pendistribusian proses dari tersentralisasi menjadi desktop computing
  6. Menawarkan kooperatif prosesing antara individu dan group antar departemen, geografis dan zona waktu.
  7. Rewriting software pada sistem client server memberikan keuntungan untuk mendapatkan sistem yang terintegrasi dan memberikan efisiensi.
  8. Menawarkan friendlu interface pada end user khususnya pada knowledge worker dan customer.
  9. Keterlibatan yang lebih untuk end user pada implementasi IT.
  10. Arsitektur terbuka dan sistem terbuka memberikan fleksibilitas dalam memilih konfigurasi hardware yang berbeda, network, dan DBMS dari berbagai vendor.

Peer to Peer
Yaitu suatu jaringan komputer yang dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.Dalam contoh pada saat kita sharing data dari 3 atau lebih computer yang telah terhubung dengan jaringanWindowskomputer.Dengan cara :tersedianya 3 buah computer atau lebih yang sudah terhubung jaringan,misalnya ada computer A,B,C yaitu A sebagai Server,dan B dengan C bertindak sebagai Client,contoh langkah kerjanya.komputer A yang sudah terhubung dengan printer dan computer B dengan C ingin mengprint suatu data maka suatu Client perlu mensharing data tersebut ke Server,pada server menemukan data Sharing yang masuk.Maka langsung saja Printer yang ada pada Server merespon data tersebut,sehingga Printer tersebut menprint data yang dikirim oleh Client.Maka pada contoh tersebut dinamakan Peer To Peer.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi dan pengertian tag table, td, th, dan tr di html

10 keluarga Windows, Unix, Mac Os

Contoh Algoritma 2 kondisi : Menentukan tuntas dan tidak tuntas